Strategi Pemasaran Digital yang Bisa Dipetik Dari Serial Netflix Emily in Paris.

Serial ini menceritakan tentang perjalanan seorang gadis muda yang bekerja pada bidang pemasaran di Chicago, kemudian ia pindah untuk ditugaskan ke Paris secara tiba-tiba. Emily memberikan sentuhan baru untuk Pemasaran dalan sebuah perusahaan ternama di Prancis. Ia juga memberikan lebih banyak ide-ide kreatif yang lebih segar dan wajib kamu terapkan pada bisnis milikmu, terlebih dalan situasi pandemi saat ini.

Pelajaran berharga yang bisa diambil dari serial Netflix Emily in Paris diharapkan bisa membantu dalam mengelola strategi bisnismu saat ini.

Pentingnya Media Sosial.

Bukan hanya kemunculan di Media Sosial saja, tapi juga interaksi sosial dengan pengikut dan pelanggan perlu diperhatikan. Misalnya saja saat pelanggan menuliskan pendapat mereka di kolom komentar, tentu sebagai Seller yang baik dan komunikatif kamu harus menjawabnya. Untuk membangun sebuah Merek kamu harus terlibat langsung dalam Media Sosial dan lebih komunikatif dalam menjawab pertanyaan serta opini yang disampaikan oleh pelanggan.

Dalam serial ini, Emily selalu membicarakan tentang mereknya di Media Sosial dan menggunakan hastag ( tagar ) agar Merek dan Produk yang dijualnya mendapatkan lebih banyak perhatian dan lebih dikenal oleh banyak orang. Ia juga mengunggah kehidupannya sehari-hari dengan Produk tersebut untuk membangun dirinya sendiri dan Profil dari mereknya tersebut.

Ternyata Media Sosial bisa membantu kita agar bisa terhubung dengan pelanggan tanpa adanya tatap muka secara langsung. Bahkan tidak hanya itu saja, Media Sosial juga bisa meningkatkan pengenalan Merek, Prospek, dan juga efektif meningkatkan Penjualan. Sebaiknya gunakan Media Sosial yang paling banyak digunakan oleh pelanggan, misalnya seperti Twitter, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya. Tujuannya jelas, agar Target lebih cepat dijangkau dan lebih efesien. Keterlibatan langsung dan interaksi kepada pelanggan merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian mereka dan menyampaikan pesan atau mempromosikan merek kepada mereka.

Dengan memiliki Media Sosial secara tidak langsung kamu telah memfasilitasi dan mempermudah pelanggan untuk menemukan kamu dan berkomunikasi denganmu. Pelanggan lebih senang menerima respon yang dibuat secara langsung ketimbang respon atau pesan otomatis saat mereka memposting pendapat dan pertanyaan mereka di kolom komentar.

Pentingnya pendapat pelanggan.

Jika kamu memperhatikan serial ini kamu akan menemukan saat Emily merasa bingung, ia selalu mempostingnya di Instagram dan menggunakan pendapat orang-orang untuk mengetahui apakah pelanggan menyukai gagasannya tersebut. Misalnya saat ia memberikan ide dan melakukan polling untuk Merek sebuah Parfum “Sexy or Sexist”, Emily sangat yakin dan percaya bahwa pendapat pelanggan itu penting.

Emily menunjukkan kepada pelanggan bahwa sebuah merek membutuhkan pendapat mereka dan kamu sangat menghargainya. Pastikan rangkaian produk yang akan kamu tawarkan sesuai dan cocok dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Jika kamu melihat Situasi, Produk, dan Promosi iklan dari sudut pandang pelanggan maka, kamu akan mendapatkan ide atau sebuah gagasan yang lebih baik tentang apa yang diinginkan dan apa yang seharusnya dibutuhkan oleh pelanggan.

Dengan demikian, kamu dapat memberikan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan di dalam sebuah Merek yang kamu kelola. Pendapat dan sudut pandang pelanggan merupakan hal yang paling penting dan berharga untuk dapat memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan serta mampu menciptakan sebuah produk atau merek yang paling dinginkan dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kamu bisa memodifikasi atau bahkan merubah sebuah Merek saat mendengarkan pendapat dan keinginan pelanggan serta menilai tingkat kepuasan mereka.

Kreatif dalam Berpikir.

Emily sangat kreatif dalam berpikir. Ia mendapatkan ide untuk semua promosinya dari Museum Seni yang menampilkan karya Van Gogh, The Starry Night. Dia tidak pernah takut untuk berpikir dengan menggunakan perspektif baru dan menyampaikan idenya kepada timnya atau Merek lain. Bahkan saat ia tidak memiliki apa-apa pemikiran kreatifnya memberikan sebuah ide dan gagasan yang luar biasa.

Pikiran yang Kreatif merupakan alat penting untuk Strategi Pemasaran. Kreativitas mampu mendorong Originalitas. Segalanya ada tepat disekitar kita, oleh karena itu kita harus memiliki mata yang tajam untuk melihat peluang dan berpikir dengan cara yang menguntungkan pelanggan serta merek yang kita miliki. Berpikir secara kreatif dan lebih luas bisa menambah Wawasan Baru dan mematahkan batasan yang ada dalam pikiran kita, sehingga kita Selangkah lebih maju dan mampu melampaui saingan kita.

Bukan hanya itu saja, jika kamu juga menambahkan sedikit emosi ke dalam ide-idemu maka semua ide tersebut dapat lebih bermanfaat dan berarti bagi pelanggan. Seperti saat Emily mengajukan idenya tentang sebuah merek kasur agar terkesan tidur di bawah bintang-bintang dan membiarkan pemimpi yang sebenarnya memposting gambar di media sosialnya sendiri, kemudian konten dan kreativitas buatan pengguna tersebut diperiksa.

Promosi yang Dilakukan oleh Influencer.

Influencer merupakan masa depan Pemasaran. Dalam serial ini Pemasaran atau Promosi yang dilakukan oleh Influencer menjadi sangat penting. Emily secara tidak langsung juga berperan sebagai Influencer, karena ia memposting produknya melalui Media Sosial yang menampilkannya di kehidupan sehari-hari. Bahkan ia juga mendapatkan undangan sebagai Influencer untuk sebuah Merek (brand). Dengan menjadi Influencer di seluruh Paris, Emily tidak hanya menambah nilai dan kualitasnya, tetapi juga mengangkat nilai pasar dari merek yang ia kelola.

Promosi atau Pemasaran yang dilakukan oleh Influencer merupakan bentuk Pemasaran Media Sosial. Hal ini dilakukan oleh Influencer yang bekerjasama dengan sebuah merek untuk menarik target mereka dan mengedukasi pelanggan tentang sebuah merek yang akan ditawarkan. Jika pengetahuan pelanggan meningkat maka akan membantu mereka untuk menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

Influencer memiliki kekuatan yang sangat besar karena memiliki jumlah pengikut yang banyak dengan menampilkan sebuah Merek dalam Media Sosialnya, maka sekaligus membantu mempromosikan sebuah Merek kepada lebih banyak orang, sehingga lebih efisien untuk menambah pelanggan baru. Memilih influencer juga harus yang benar-benar mengerti Merek yang akan ditawarkan agar pemasaran lebih maksimal. Influencer yang memahami produk atau merek yang ia tawarkan akan lebih mudah menarik pelanggan dan mendapatkan lebih banyak perhatian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *